Yayasan Tunas Karya
Buka Pikiran - Sentuh Hati - Bentuk Masa Depan

TK SANTA MARIA SUKSESKAN GERNAS BAKU 2018


News Title

TK Santa Maria  adalah sebuah lembaga  Taman Kanak – Kanak tertua di kota Muntok  Kabupaten Bangka Barat  di kepulauan Bangka Belitung.

Sebagai sebuah lembaga pendidikan anak usia dini, para pendidik  di lembaga ini menyadari tantangan  dunia pendidikan dewasa ini, khususnya dalam mempersiapkan anak – anak  TK  memasuki  pendidikan dasar .  Para pendidik di TK Santa Maria  merasa  ikut bertanggungjawab dalam berbagai persoalan dunia pendidikan  saat ini. Anak – anak yang keranjingan gadget dengan segala game  yang ada,  berbagai acara televisi  yang  menyajikan  tayangan  bagi anak – anak  dan belum tentu membawa pengaruh positif bagi anak – anak dan persoalan lainnya.   Dalam berbagai kesempatan pertemuan dengan orangtua ,  sebagian besar  dua keluhan di atas menjadi masalah yang cukup serius.

 

Anak – anak  yang sejak usia TK sudah ketagihan dengan  gadget , sangat berpengaruh terhadap  prestasi sekolah di tingkat selanjutnya. Hal ini juga tampak dalam bincang – bincang dengan orangtua. Anak – anak  menjadi sulit berkonsentrasi terhadap pelajaran, waktu belajar pun menjadi semakin sedikit karena tersita dengan kesibukan main hp.

 

Dengan latar  belakang tersebut,  dari awal tahun pelajaran 2017 / 2018 ,  TK  Santa Maria sudah  melaksanakan program kunjungan dan membaca di  perpustakaan yang rutin dilaksanakan seminggu sekali  pada setiap  hari Jumat  untuk  kelompok A dan  dan  setiap hari Sabtu untuk kelompok B.  Anak – anak  sudah dibiasakan dengan  perpustakaan  dengan kegiatan membaca dan meminjam buku untuk dibawa pulang.

 

Program tersebut menjadi semakin  diperkuat dengan adanya  Program Nasional Gernas Baku  bagi seluruh lembaga PAUD di seluruh Indonesia yang dipelopori oleh pemerintah , para  pegiat pendidikan anak usia dini, perguruan tinggi dan dunia usaha dalam rangka meningkatkan partisipasi  keluarga dan lembaga PAUD untuk menumbuhkan minat baca anak.

 

Dalam  menyukseskan kegiatan Gernas Baku 2018 , beberapa kegiatan yang sudah dilakukan oleh lembaga TK  Santa Maria adalah  sebagai berikut :

   a.  Kegiatan Persiapan Gernas Baku  ( bulan  Februari  - Maret  2018 ) , yaitu  :

  • Pertemuan guru  - guru tentang program Gernas Baku 
  • Pertemuan  dengan Komite Sekolah  tentang program Gernas Baku
  • Pembuatan Spanduk Gernas Baku,
  • Pembuatan pojok  baca di teras depan  sekolah, 
  • Peningkatan  penggunaan  perpustakaan sebagai sarana baca dan belajar anak dan orangtua. 

Kegiatan dilaksanakan pada bulan Februari  - Maret 2018 bertempat di TK Santa Maria. Kegiatan ini melibatkan  segenap tenaga pendidik di                    lembaga, pengurus  komite sekolah ,  dan para orangtua yang tergabung dalam  kelas orangtua ( paguyuban orangtua).  Hal ini dilakukan karena            pihak lembaga menyadari sasaran utama  program Gernas Baku adalah  para orangtua. Bagaimana orangtua yang  sibuk dengan pekerjaan  dan            merasa tidak punya waktu lagi , kini mereka harus menyadari  untuk mengorbankan sedikit waktu  untuk membaca bersama putra – putrinya.                  Bukan  sebuah pekerjaan yang mudah, namun dalam kegiatan awal  para pendidik di TK Santa Maria  merasa langkah  ini sangat penting, karena          Gernas Baku adalah sebuah kegiatan pembiasaan. Komite Sekolah  dalam hal ini menjadi  partner kerja  yang  sangat solid. Apalagi didukung                dengan adanya kelas orangtua, dimana setiap kelas sudah mempunyai grup Whatsapp untuk memsharingkan kegiatan yang ada di sekolah.

  • Gerak dan  lagu  “ Gernas Baku  “   pada waktu kegiatan morning time setiap pagi kepada anak – anak.  Dengan lagu  pesan  akan lebih cepat tersampaikan kepada anak dan orangtua. Maka  di awal kegiatan lagu sudah diajar dan dilatihkan kepada anak – anak.

 

   b.   Kegiatan  Gernas  Baku di  bulan April , terdiri dari

  • Gerak dan lagu    “ Bacakan Aku Buku “ pada saat morning time kepada anak – anak .  Dengan lagu ini diharapkan dapat membangun kesadaran bagi orangtua tentang pentingnya kegiatan membaca bersama anak dalam  meningkatkan kecerdasan  putra – putrinya.

 

  • Sabtu, 7 April 2018 

Kegiatan parenting  pertama tentang Gernas baku  untuk seluruh orangtua murid TK Santa Maria bertempat di TK Santa Maria. Kegiatan                        parenting dilaksanakan bertepatan dengan perayaan Paskah bersama sekolah.  Dengan memadukan  perayaan Paskah dengan  Gernas Baku,              diharapkan semangat Paskah menjadi  semangat  juga untuk melaksanak   kegiatan  Gernas  Baku.

 

Dalam kegiatan  tersebut seluruh  orangtua murid  dan anak  - anak  dikumpulkan dan diberikan pengarahan oleh kepala sekolah tentang                        Gernas Baku yang merupakan program nasional di seluruh lembaga TK dan PAUD.

 

Pada  kegiatan parenting ini , ditandari  dengan penyematan PIN Gernas baku dari kepala sekolah kepada ketua komite sekolah. Penyematan              ini sekaligus menjadi tanda dimulainya kegiatan Gernas Baku yang akan dilaksanakan oleh sekolah dan keluarga.  Di kegiatan ini  pihak                          lembaga mengemukakan  tujuan, manfaat dan  program kegiatan yang akan dilaksanakan oleh sekolah sehubungan dengan program Gernas                Baku.  Di dalam kegiatan parenting ini, pihak sekolah juga memaparkan tentang situasi  dunia pendidikan di era gadget, dan  dalam pemaparan              tersebut tampak sekali terlihat para orangtua  menyadari  bagaimana putra – putri mereka  sudah mulai  terikat dengan gadget  yang                                sebenarnya belum mereka butuhkan. 

 

  • Sabtu , 21 April 2018

Kegiatan parenting kedua yang dilaksanakan bertepatan dengan  Hari Kartini bertempat di TK Santa Maria. Kegiatan ini juga melibatkan para                  orangtua murid dan anak – anak .

 

Mengusung tema “ Dengan Gemar Membaca Habis Gelap Terbitlah Terang, ”

 

Dalam kegiatan parenting yang kedua,  dipaparkan juga tentang kiat untuk menumbuhkan minat baca anak sejak usia dini. 

 

   c.  Sabtu, 5 Mei 2018

Puncak kegiatan Gernas Baku , orangtua membacakan buku untuk anak di kelas masing – masing.  Di awal kegiatan semua orangtua                              dikumpulkan  di halaman sekolah. Kegiatan diawali dengan doa bersama, menyanyikan lagu Indonesia Raya, kata sambutan dari Ketua Komite              Sekolah, dan dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi puncak acara gernas baku oleh kepala sekolah.

 

Selanjutnya orangtua memasuki kelas bersama  putra – putrinya.  Untuk melaksanakan kegiatan membacakan buku kepada putra – putrinya.

 

Orangtua juga diberikan kesempatan untuk membacakan buku di depan kelas  secara bergantian.  Kegiatan  ini disambut dengan  baik dan                    orangtua terlihat bersemangat  untuk membacakan buku di depan kelas.

 

Sebagai tanda penghargaan atau apresiasi kepada orangtua , pihak sekolah menyematkan  bunga kepada orangtua sebagai tanda terimakasih              karena telah  mendukung program Gernas Baku di sekolah.

 

 

   d.  Rencana Kerja Tindak Lanjut

Untuk kegiatan   tindak lanjut dari Gernas  baku 2018, beberapa kegiatan yang akan dilaksanakan  di TK Santa Maria adalah :

NO

RENCANA KEGIATAN

WAKTU DAN TEMPAT

PIHAK TERKAIT

1

Orangtua membaca bersama anak 10 menit setiap hari  sebelum tidur malam.

 Di rumah masing – masing 

Waktu : menyesuaikan dengan waktu tidur anak 

Orangtua murid

2

Program  kunjungan dan  meminjam buku    untuk dibacakan di rumah

Sesuai jadwal pelajaran

Guru

Anak

Orangtua murid

3

Guru  bercerita di kelas . 

Menyesuaikan dengan jadwal pelajaran  masing – masing.

Guru

4

Membaca dan meminjam buku di pojok baca ( pemanfaat pojok baca )

Pagi hari / pulang sekolah

Guru

Anak

 

5

Memberikan apresiasi kepada orangtua / anak  yang  paling banyak meminjam  buku di perpustakaan

Akhir tahun pelajaran ( Juni 2018)

Guru

Orangtua murid

Anak

6

Sosialisasi  tentang  gerakan membaca anak bersama orangtua  untuk siswa baru .

Awal tahun pelajaran 2018 / 2019

( Juli 2018)

Guru

Komite sekolah

Orangtua murid

 

 

 


Ternyata Kepala Sekolah adalah Pengurus Yayasan Kedua di Sekolahnya

29 Nov 2017 12:00:00 WIB

dibaca 2.956 kali

Jurnal Karya---Pengurus Yayasan Tunas Karya (YTK), mengumpulkan 26 kepala sekolahnya di wilayah Bangka Belitung (Babel) untuk berkomunikasi dari hati ke hati. Komunikasi antar personal dalam suasana kekeluargaan itu terjadi di ruang pertemuan SMP St Theresia, Pangkalpinang, Selasa (28/11/2017). Pertemuan kekeluargaan itu, dimoderatori Bapak... Selanjutnya


PESTA PERAK SEBAGAI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

13 Sep 2016 11:21:05 WIB

dibaca 2.213 kali

Jumat, 12 Agustus 2016, pada pagi hari itu suasana SMA Santo Yosef (Sanyo) terasa agak berbeda. Para murid kembali ke rumah awal sementara semua guru dan pegawai tampak bergegas menuju ruang multimedia di lantai 3 gedung SMA Sanyo. Hari ini menjadi istimewa karena dua orang warga SMA Sanyo dirayakan kesetiaan kerja mereka sebagai pendidik dan... Selanjutnya


MENGAJAR DENGAN KREATIF & MENYENANGKAN

13 Sep 2016 11:24:26 WIB

dibaca 1.703 kali

Jumat, 26 Juli 2016 menjadi hari istimewa bagi para guru pengajar bahasa Inggris di Sekolah Dasar (SD) Yos Sudarso - Batam. Pada hari ini ada 8 guru bahasa Inggris SD Yos Sudarso beserta Kepala Sekolah dan Wakil mendapatkan pembekalan perihal mengajar bahasa Inggris secara kreatif di dalam kelas. Materi pembekalan yang berbasis teknologi... Selanjutnya


LATIH KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA

18 Oct 2016 12:00:00 WIB

dibaca 1.681 kali

Sekolah Dasar Yos Sudarso menerapkan kurikulum yang melatih siswa untuk berwirausaha sejak dini. Salah satu cara di antaranya adalah memanfaatkan barang bekas untuk didaur ulang menjadi barang bermanfaat dan mempunyai nilai jual. Karya siswa dari barang bekas ini di antaranya tempat tissue, tas keranjang, taplak meja, lampion, topeng,... Selanjutnya


MENJADI PEKERJA YANG MURAH HATI

13 Sep 2016 11:22:46 WIB

dibaca 1.626 kali

"Kasihilah Tuhan Allahmu, dengn segenap hatimu dan segenap jiwamu dan dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap akal budimu" (Ulangan, 6:6; Mateus 22:37; Lukas 10:27; dan Markus 12:30). Demikian dasar biblis tema rekoleksi para pegawai kantor Yayasan Tunas Karya (YTK), Senin, 5 September 2016. Rekoleksi para pegawai kantor YTK... Selanjutnya


GEBYAR PAUD 2018

25 Sep 2018 09:18:22 WIB

TK Santa Maria  kembali  meraih kemenangan dalam Gebyar PAUD 2018. Dalam 3 cabang perlombaan  yaitu Kolase anak bersama orangtua, Lomba Plastisin, Senam  Pinguin beregu.   TK Santa Maria  meraih kemenangan dalam : 1. Tingkat Kecamatan : Juara I  senam penguin Juara I lomba kolase anak bersama... Selanjutnya


TK SANTA MARIA SUKSESKAN GERNAS BAKU 2018

10 May 2018 11:19:26 WIB

TK Santa Maria  adalah sebuah lembaga  Taman Kanak – Kanak tertua di kota Muntok  Kabupaten Bangka Barat  di kepulauan Bangka Belitung. Sebagai sebuah lembaga pendidikan anak usia dini, para pendidik  di lembaga ini menyadari tantangan  dunia pendidikan dewasa ini, khususnya dalam mempersiapkan anak... Selanjutnya


PERINGATAN HARI KARTINI DAN PARENTING KEDUA GERNAS BAKU

03 May 2018 07:56:26 WIB

___________________________________________________________________________________________ TK SANTA MARIA MUNTOK   Sabtu, 21 April 2018 dilaksanakan dua kegiatan  di TK Santa Maria Muntok yaitu  peringatan hari Kartini dan kegiatan parenting kedua gernas baku 2018.   Mengambil tema “  Dengan... Selanjutnya


PERAYAAN PASKAH DAN GERNAS BAKU TK SANTA MARIA

18 Apr 2018 01:26:17 WIB

Sabtu , 07 April 2018 , komunitas TK Santa Maria menyelenggarakan dua kegiatan yaitu perayaan Paskah dan Gernas Baku ( Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku ). Perayaan Paskah dimeriahkan dengan perlombaan menghias telur Paskah Anak bersama Orangtua. Sebelum lomba berlangsung, para orangtua dikumpulkan terlebih dahulu dalam kegiatan... Selanjutnya


DRUMBAND PERSEMBAHAN ALUMNI SANTA MARIA MUNTOK

10 Mar 2018 08:26:17 WIB

Pada tanggal 07 Maret 2018, TK Santa Maria patut berbangga karena  kepedulian  para alumninya.  Pasalnya, para alumni angkatan muda yang berusia sekitar 30 – an tahun ( tamat TK pada tahun 2000 )  memberikan  sumbangan  berupa 1 set peralatan drumband kepada TK  Santa Maria.   Sumbangan... Selanjutnya